Panduan memainkan video Hi10P

Hi10P Info / Guide Pada dasarnya, Hi10P hanyalah H.264 profile yang menggunakan informasi dalam bentuk 10 bit untuk menampilkan warna. Panduan ini bertujuan untuk membantu menemukan solusi media player yang ideal untuk memainkan content Hi10P. Pada umumumnya digunakan untuk memutar Anime. Dan informasi ini akan di update secara bertahap jikalau ada informasi baru tentang Hi10P.

Bagaimana cara memainkan Hi10P:
Ada banyak cara berbeda yang tersedia untuk memainkan tampilan Hi10P lebih mulus.
  • Download SMPlayer, atau gunakan saja mplayer2 dari CLI.
  • Dapatkan CCCP terbaru.
  • Gunakan MPC-HC bersamaan dengan madVR dan LAV (Kualitas maksimal tapi memerlukan sedikit konfigurasi dan hardware yang agak tinggi)
  • Download VLC Media Player terbaru dan segera install.
Piliha salah satu cara diatas.

Menggunakan MPC-HC + madVR
Cara ini akan mengahasilkan kualitas gambar yang lebih tinggi dibandingkan CCCP (tanpa menggunakan madVR), jadi jika kalian kesulitan untuk memainkan Hi10P anime, atau bahkan 1080p yang biasa, disarankan menggunakan cara ini. MadVR dan LAV diupdate secra teratur dan pastikan selalu menggunakan yang terbaru.

Langkah Nol: Persiapan:
Uninstall semua hal-hal seperti MPC-HC, CCCP, ffdshow, madVR, Haali, K-lite, Core AVC dll. Bila perlu direstart komputernya. Hal ini bertujuann untuk mencegah semua aplikasi diatas mengganggu setingan yang akan kita lakukan.

Langkah Pertama: Download dan Install:
1. Download dan intall MPC-HC terbaru (disarankan menggunakan versi .exe). Ingat, MPC-HC berbeda dengan K-Lite Codec Pack atau yang Mega.
Catatan: Pilih versi 32-bit (disebut x86)! Versi 64-bit tidak kompatible dengan madVR dan tidak berfungsi sama sekali.

2. Install LAV Filters. Ini penting untuk dekoding  video dan audio. Perhatikan gambar dibawah ini.
3. Dapatkan dan install versi terbaru dari Haali’s Media Splitter

4. Catatan: Kalian bisa melewatkan bagian ini jika PC kalian tidak cukup kuat! Download versi terbaru madVR dan extract dimana saja kamu suka. Jalankan file install.bat yang ada di dalam folder. Jangan menghapus  folder setelah ini, madVR hidup didalam folder ini dan jangan dipindahkan kemanapun. Pindahkan dulu sebelum menginstall, seperti C:\Program File\madVR.
Catatan: Pastikan kalian login sebagai Administrator ketika menjalankan ini! Biasanya file ini dianggap virus, jadi dinonaktifkan dulu antivirusnya.

Langkah kedua: Konfigurasi:

Buka menu options MPC-HC. Pilih tab “Internal Filters”, beri tanda centang semuanya.

Di tab Playback, aktifkan “Auto-load-subtitles”.

Pada tab Subtitle, pastikan memberi centang “Allow animation when buffering”, dan “Maximum texture resolution” diganti ke “Desktop”.

Pada tab Output, pilih “madVR” sebagai renderer. Catatan: Bagi mereka yang melewatkan bagian ini, dikarenakn PC yang kurang kuat silahkan memilih “EVR Custom Pres.”, “Haali Renderer” atau “VMR-9”, pilih salah satunya sampai kalian temukan yang sesuai.

Pastikan LAV Video dipilih sebagai default decoder. Silahkan pilih menu “Add Filters”, dan cari LAV Video Decoder dan jangan lupa mengubahnya ke “Prefer”
Setelah melakukan perubahan diatas, restart MPC-HC dan coba mainkan satu file Hi10P. Kalian akan mendapatkan icon madVR di sistem tray. Klik kanan untuk masuk ke menu settings:

Jika sudah terbuka,  nonaktifkan “fullscreen exclusive mode” di bawah tab rendering. Direkomendasikan untuk menonaktifkan ini kecuali kalian punya masalah dengan playbacknya, dikarenakan ini akan mencegah kalian untuk mengambil screenshot  akan membuat tampilan MPC berantakan (mungkin terlihat bagus, coba saja buka dengan full screen dan arahkan pointer ke bawah)
Tahap Ketiga: Konfirmasi
Mainkan sembarang file kemudian gunakan Ctrl+J. Jika tidak muncul atau terlihat berbeda, coba periksa pengaturan output di MPC-HC.
Benar
Salah
Terakhir, periksa “Filters”. Klik kanan pada file yang sedang dimainkan dan pastikan LAV Video sedang digunakan.

Jika kalian ingin memutar anime, disarankan menggunakan cara ini, tapi syaratnya kompi kalian harus tangguh. Saya sudah mencoba memutar video Hi10P untuk ukuran 720p, hasilnya memuaskan. Untuk 1080p, hasilnya kurang bagus, gambarnya tersendat-sendat dikarenakan spec pc saya yang pas-pasan. Untuk laptop dengan spesifikasi RAM 1 GB serta Processor Dual Core, sebaiknya jangan meggunakan cara ini (cara nomor 4).

Selamat menonton anime.
Artikel ini disadur dari Harunichan
Diberdayakan oleh Blogger.