Why take so long?

Wernayasa @ 17-06-2013

Yo. Baru saja komputer saya mengalami gagal hardisk, untuk sementara saya tidak bisa mengakses data di dalamnya termasuk project subtitle yang sedang saya kerjakan. Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya terjadi, dulu pernah terjadi beberapa kali. Semoga yang ini bisa diperbaiki juga. Intinya, delay sementara.

Kenapa begitu lama?
Hal-hal dibawah ini yang menyebabkan project kami tertinggal dari fansub lain.

Pertama yang menghambat kerja kami adalah internet. Bukan bertambah cepat, malah semakin buruk. Untuk mendownload 1 episode saja memerlukan waktu 3 hari sampai 1 minggu, terima kasih pada internet super jelek.

Hal lain yang ingin kami sampaikan adalah metode terjemahan. Metode terjemahana kami agak lambat tapi menghasilkan kualitas subtitle sedikit lebih baik. Caranya yaitu dengan membandingkan skrip inggris dengan skrip jepang serta mendengar dialog percakapan. Bukan hanya tidak efesien, tapi juga menyebabkan keringat dingin.

Waktu. Karena waktu yang terbatas, satu subtitle dikerjakan lima hari bahkan sampai satu minggu (jika beruntung).

Dengan beberapa problematika tadi, project subtitle kami berjalan lambat. Jangan salah sangka. Kami tidak mendrop One Piece dan Hunter X Hunter, dua anime ini selalu asik untuk dikerjakan. Kami hanya curhat saja.

Edit  28/06/3013:
Hore... HDD saya pulih.
Ternyata hanya masalah kabel saja. Sekarang saya bisa resume pengerjaan subtitle.
Kanpai...